Pulau-pulau Cantik Ini Beresiko Menghilang

Pulau-pulau Cantik Ini Beresiko Menghilang – Kepulauan yang lebih dari 350 pulau di Laut Karibia dikenal sebagai Kepulauan San Blas, dengan tujuan yang sangat populer di Panama. Rumah bagi suku asli Guna selama ratusan tahun, seluruh gugusan pulau saat ini berisiko tenggelam dalam beberapa dekade.

San Blas dikenal sebagai Guna Yala oleh penduduk asli yang menyebutnya sebagai rumah, suku yang memenangkan kemerdekaan dari pemerintah Panama pada tahun 1925 setelah revolusi yang mereka lakukan. Akibatnya, masyarakat adat sekarang beroperasi di bawah konstitusi mereka sendiri dan pemerintah masing-masing, terpisah dari bagian negara lainnya.

Pulau-pulau Cantik Ini Beresiko Menghilang

Sementara mereka tinggal di kurang dari 100 Kepulauan San Blas, mereka melindungi semua lebih dari 350 yang bersatu menjadi San Blas. Perkembangan skala besar tidak ada di sini, juga tidak ada bangunan modern.

Suaka khusus Kepulauan San Blas telah dikenal memikat turis dan penduduk lokal. Dari pirus, air sebening kristal hingga pantai bertitik pohon palem dan pasir selembut sutra, ada pemandangan memesona yang sama sekali tidak terputus dari pulau ke pulau. Faktanya, satu-satunya bangunan di San Blas adalah gubuk kecil dan dasar untuk tempat berteduh minimal.

Seiring waktu, Guna Yala menjadi lebih rentan karena terumbu karang perlahan-lahan menghilangkan penghalang pelindung yang pernah mengelilingi dan menopang pulau-pulau tersebut. Akibatnya, permukaan laut meningkat dengan kecepatan yang dipercepat. Juga mempengaruhi kecepatan adalah pengelolaan sumber daya yang buruk, yang menyebabkan erosi pantai yang signifikan.

Masa depan Kepulauan San Blas, seperti yang ada saat ini, berada dalam bahaya besar menghilang ke daratan di bawah laut dalam hitungan dekade. Nasib pulau-pulau itu bukan lagi “jika” tetapi “ketika” penduduk asli, penduduk asli, dan penduduk asli akan terpaksa meninggalkan rumah mereka, Kepulauan San Blas tercinta.