Pulau-pulau Paling Unik untuk Dikunjungi di India

Pulau-pulau Paling Unik untuk Dikunjungi di India – Meskipun wisata pulau mungkin bukan hal pertama yang akan Anda pikirkan saat merencanakan perjalanan ke India, Anda mungkin akan terkejut dengan apa yang ditawarkan negara ini dalam hal liburan lepas pantai. Diberkati dengan garis pantai yang luas dan lebih dari 1.000 pulau, Anda akan menemukan situs spektakuler untuk menyelam dan melihat terumbu karang, serta surga satwa liar dan banyak lagi. Baca terus untuk mengetahui lima pulau yang dijamin akan menambah cita rasa unik pada perjalanan Anda.

Pulau-pulau Paling Unik untuk Dikunjungi di India

Pulau Majuli, Assam

Terletak di Sungai Brahmaputra yang perkasa, Majuli adalah pulau sungai terbesar di India. Ini memiliki populasi yang cukup besar, sebagian besar terdiri dari kelompok suku. Sebagai tempat lahir budaya Vaishnavite, Majuli adalah rumah bagi banyak satra, atau biara-biara Vaishnavite – banyak di antaranya berasal dari berabad-abad yang lalu.

Alat tenun tangan, topeng tradisional untuk perayaan budaya, dan hamparan lahan basah yang luas yang ideal untuk melihat burung (baik yang bermigrasi maupun yang asli) menjadikan pulau ini pengalaman yang menakjubkan. Waduk budaya dan tradisi yang indah, kini banyak yang mendorong agar Majuli dinyatakan sebagai situs Warisan Dunia UNESCO. Meskipun sering bergulat dengan banjir, penduduk Majuli dan alam telah menemukan cara yang menarik untuk hidup berdampingan.

Pulau Munroe, Kerala

Dinamai setelah Kolonel Penduduk John Munro dari negara bagian Travancore yang dulunya sebagai pangeran, Pulau Munroe terletak di mana bagian belakang Danau Ashtamudi dan Sungai Kallada bergabung.

Tempat yang populer untuk pelayaran kanal, ini adalah pulau kuno di mana Anda dapat mengamati proses menganyam dan menganyam sabut, yang pernah menjadi sumber pendapatan terbesar bagi penduduk pulau. Burung yang bermigrasi juga dapat terlihat di pulau ini. Pulau Munroe secara khusus dikenal sebagai tempat menonton yang ideal untuk Kallada Boat Race – perlombaan populer di India Selatan yang terdiri dari 12 perahu ular.

Pulau Netrani, Karnataka

Sekitar 20 kilometer dari pantai Karnataka di Laut Arab, Netrani dikenal dengan fasilitas menyelamnya. Anda mungkin akan melihat beberapa hiu paus, dan terumbu karang di sini menawarkan pemandangan indah dari karang, belut, ikan kakatua, dan ikan pemicu, antara lain.

Menariknya, pulau kecil ini pernah digunakan oleh Angkatan Laut India untuk latihan target, dan masih tidak disarankan untuk dikunjungi tanpa izin. Dari segi cuaca, Desember dan Januari adalah bulan terbaik untuk mengunjungi Netrani jika Anda ingin snorkeling dan menyelam.

Pulau Chorao, Goa

Pertama dikenal sebagai Chudamani (batu mulia yang menakjubkan) dalam bahasa Sansekerta, kemudian sebagai Ilha dos Fidalgos (Pulau Bangsawan) oleh Portugis yang datang setelahnya, Chorao penuh dengan sejarah dan terutama terkenal dengan Suaka Burung Salim Ali. Dibagi oleh sungai Mandovi, pulau dan satwa liarnya – termasuk burung dan buaya yang menakjubkan di hutan bakau – paling baik dinikmati dari kenyamanan kano.

Pulau ini juga merupakan rumah bagi gereja Katolik abad ke-16 dan banyak kuil – simbol menarik dari sejarah Hindu dan Kristennya. Waktu terbaik untuk mengunjungi Pulau Chorao adalah antara November dan April, untuk menghindari musim hujan.

Pulau-pulau Paling Unik untuk Dikunjungi di India

Pulau Narcondam, Andaman dan Nicobar

Pulau Narcondam dibentuk oleh gunung berapi yang sekarang tidak aktif, dan merupakan tempat lain yang sangat baik untuk penyelam pemula – terutama berkat spons barel dan karang lunak yang menakjubkan. HQ Pinnacle – formasi batuan terendam – adalah rumah bagi banyak tuna dogtooth dan trevally bigeye dan, jika Anda beruntung, Anda juga dapat melihat hiu whitetip dan hiu karang abu-abu. Narcondam juga merupakan rumah bagi rangkong Narcondam, burung endemik pulau ini.